Sunday, April 10, 2016

HADIST AHKAM: HIBAH WASIAT DAN WAKAF

HIBAH WASIAT DAN WAKAF

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Islam merupakan agama yang mulia dan sempurna islam mengatur seluruh aspek hidup dan kehidupan manusia serta memberikan solusi terhadap seluruh problematika kehidupan. Yang telah menghimbau umatnya untuk saling menolong dalam hal kebaikan dan ketakwan. Salah satunya mendermakan harga.
    Pribadi yang mulian dan muslim sejati ialah insan yang suka memberikan lebih apa yang di minta srta berderma di waktu susah maupun senang. Untuk lebih memahami tentang cara mendermakan untuk islam makaa dalm hal ini kita pelajari bagimana cara melakukan hibah, wasiat dan wakaf yang di benarkan oleh islam.

BABII
PEMBAHASAN

A.    LARANGAN MENARIK KEMBALI HIBAH

حدثنا مسلم بن إبراهيم حدثنا وهيب حدثنا ابن طاوس عن أبيه عن ابن عباس رضي الله عنهما قال
 : قال النبي صلى الله عليه و سلم ( العائد في هبته كالكلب يقيء ثم يعود في قيئه )
Di ceritakan dari muslim bin ibrahim diceritakan dari wahib diceritakan dari ibnu thawus darri ayahnya dari ibnu abbas ra berkata,  bahwa Rasululloh shallallohu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Orang yang menarik kembali pemberiannya, seperti seekor anjing yang muntah dan memakan kembali muntahannya.”

Orang yang yang menarik kembali hibahnya baik dia seorang suami attau bukan sama dengan anjing yg muntah kemudian makan kebali muntahannya itu
Nabi mengharamkan kita menarik kembali sedekah sesudah di terima oleh seseorang jumhur ulama’ menetapkan bahwa hibah ayah kepada anak dapat ditarik kembali mengingat hadist yang diriwayat kan oleh ‘an nu’man ibnu husyair.

Hibah saudara kepada saudara tidak dapat di tarik kembali,demikianlah pendapat as syafi’I,malik,al auza’i

Abu hanifah dan ulama’-ulama’ lain berpendapat, bahwa seluruh pemberian hibah dapat di tarik kembali,terkecuali hibah anak kepada ayah dan mahrom.

Kesimpulan:

Hadis ini memberikan pengertian bahwa agama tidak membenar kan kita menarik kembali hibah sesudah di serahkan kepada seseorang.


B.    Pengukuhan Hibah

وَسَمِعْتُ أَبِي ، وَذَكَرَ حَدِيثًا رَوَاهُ حَيْوَةُ بْنُ شُرَيْحٍ ، عَنْ أَبِي الأَسْوَدِ ، عَنْ بُكَيْرِ بْنِ الأَشَجِّ ، عَنْ بُسْرِ بْنِ سَعِيدٍ ، عَنْ خَالِدِ بْنِ عَدِيٍّ ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ، أَنَّهُ قَالَ مَنْ جَاءَهُ مِنْ أَخِيهِ مَعْرُوفٌ مِنْ غَيْرِ إِشْرَافِ وَلا مَسْأَلَةٍ فَلْيَقْبَلْهُ وَلا يَرَدُّهُ ، فَإِنَّمَا هُوَ رِزْقٌ سَاقَهُ اللَّهُ إِلَيْهِ

Dari kholid  bin adi, sesungguhnya nabi Muhammad saw telah bersabda: barang siapa yang di beri oleh saudaraya kebaikan dengan tidak berlebih-lebihan dan tidak ia minta, hendaklah diterima(jangan di tolak). Sesungguhnya yang demikian itu pemberian yang di berikan allah kepadanya.

Hadist di atas menjelaskan tentang pengukuhan hibah bahwa ang di maksud hibah sendiri ialah akad pemberian harta milik seseorang kepada orang lain diwktu ia hidup tapa adanya imbalan sebagai tanda kasih sayang. Membrikan sesuatu kepada orang lain asal barang atau harta itu halal termasuk perbuatan terpuj dan mendaopat  pahala dar allah swt. Untuk ini hibah sendiri huumnya mubah.
Adapun rukun hibah adalah:
1.    Wahib.
2.    Mauhub lah.
3.    Mauhub.
4.    Akad.

C.    MAKNA WAKAF

حدثنا يحيى بن يحيى التميمي أخبرنا سليم بن أخضر عن ابن عون عن نافع عن ابن عمر قال
 : أصاب عمر أرضا بخيبر فأتى النبي صلى الله عليه و سلم يستأمره فيها فقال يا رسول الله إني أصبيت أرضا بخيبر لم أصب مالا قط هو أنفس عندي منه فما تأمرني به ؟ قال ( إن شئت حبست أصلها وتصدقت بها ) قال فتصدق بها عمر أنه لا يباع أصلها ولا يبتاع ولا يورث ولا يوهب قال فتصدق عمر في الفقراء وفي القربى وفي الرقاب وفي سبيل الله وابن السبيل والضيف لا جناح على من وليها أن لا يأكل منها بالمعروف أو يطعم صديقا غير متمول

“Diriwayatkan dari Ibnu Umar Ra. Bahwa Saidina Umar bin Khattab mendapat bagian sebidang tanah di khaibar, maka beliau mendatangi Rasulullah SAW dan menanyakan perihal tanah tersebut. Beliau berkata “Ya Rasulullah, saya mendapat sebidang tanah di Khaibar, tidak pernah saya mendapat tanah yang lebih bagus darinya, maka apa yang akan engkau perintahkan terhadapku tentang tanah tersebut?”. Rasulullah berkata “jika kamu kehendaki, kamu tahan asalnya dan kamu shadaqahkan”. Perawi hadis berkata “maka Saidina Umarpun menshadaqahkannya dengan ketentuan tidak boleh dijual, di hibah, dan tidak boleh diwariskan. Beliau bershadaqah untuk para faqir, kerabat, budak yang akan dimerdekakan dengan tebusan (mukatab), pada sabilillah, ibnu sabil dan tamu, serta tiada berdosa bagi orang yang mengurusnya untuk memakannya dengan cara yang baik serta tidak berlebihan
Umar memperoleh sebidang tanah dari harta rampasan perang khoibar, yang paling baik yg pernah di perolehnya. Umar bertanya kepada nabi tentang apa yg lebih baik yg di lakukannya untuk tahnah itu, menurut petimbangan nabi
Nabi menerangkan bahwa umar boleh ,ewakafkan tanahnya, tanah itu tetap menjadi miliknya dan menyedekahkan hasil yang di peroleh dari tanah itu.
Umar menyedekahkan ytanah itu sebagai wakaf, dengn syarat tanah itu tidak boleh di jual dan tidak dapat di pusakakan.
Hasil tanah itu di berikan para fakir, dzawilqurba, para mukatab guna melepaskan diri dari perbudakan, untuk ibnu sabil, para pejuang di jalan allah, para musyafir dan menjamu tamu.
Hadis ini lah yg menjadi dalil bagi sahnya wakaf dan menandaskan bahwa wakaf itu bukan salah satu perbuatan jahiliah. Demikian madhab jumhur ulama.
Para ulama sepakat mensahkan kita mewakafkan masjid.
Dari hadist ini menyatakan bahwa harta wakaf tidak boleh dijual tidakl boleh dihibahkan tidak boleh dipisahkan dan haruslah tunduk terhadap syarat syarta yang dibuat oleh sipenberi wakaf.
Selain dari pada itu hadist ini menyatakan keutamaan wakaf dan itulah yang dinamakan sedekah jariyah, juga keutamaan umar.
Golongan ulama yang mengartikan al qurba dalam hadist ini dengan kerabat, maka mereka membolehkan kita mewakafkan harta kita kepada dzawil arham. Goloongan yang mengartikan dzawil qurba disini dengan kaum kerabat nabi atau kaum kerabat yang papa, mereka tidak membenarkan wakaf ahli yaitu mewakafkan harta kepada kaum kerabat
Hadist ini menunjukkan bahwa wakaf itu sah dan harta wakaf tidak boleh dijual, di hibahkan, di pusakakan. Manfaat sajalah yang dimiliki oleh yang menerima wakaf.

D.    . Pohon Sanad

E.    Jarh Wa Ta’dil

No    Perawi    lahir    Wafat    Jarh wa ta’dil
1    ابن عباس    -    249 ه    ثقة
2      طاوس    -    -    -
3    ابن طاوس    -    -    -
4    وهيب    -    74 هـ بـ المدينة    صحابى
5    مسلم بن إبراهيم    -    222 هـ بـ البصرة    ثقة مأمون

F.    Biorafi Ibnu Abbas ra.

Abdullah bin `Abbas bin `Abdul Muththalib bin Hasyim lahir di Makkah tiga tahun sebelum hijrah. Ayahnya adalah `Abbas, paman Rasulullah, sedangkan ibunya bernama Lubabah binti Harits yang dijuluki Ummu Fadhl yaitu saudara dari Maimunah, istri Rasulullah. Beliau dikenal dengan nama Ibnu `Abbas. Selain itu, beliau juga disebut dengan panggilan Abul `Abbas. Dari beliau inilah berasal silsilah khalifah Dinasti `Abbasiyah.
Ibnu `Abbas adalah salah satu dari empat orang pemuda bernama `Abdullah yang mereka semua diberi titel Al-`Abadillah. Tiga rekan yang lain ialah ‘Abdullah bin `Umar (Ibnu `Umar), `Abdullah bin Zubair (Ibnu Zubair), dan `Abdullah bin Amr. Mereka termasuk diantara tiga puluh orang yang menghafal dan menguasai  Al-Qur’an pada saat penaklukkan Kota Makkah. Al-`Abadillah juga merupakan bagian dari lingkar `ulama yang dipercaya oleh kaum muslimin untuk memberi fatwa pada waktu itu.
Beliau senantiasa mengiringi Nabi. Beliau menyiapkan air untuk wudhu` Nabi. Ketika shalat, beliau berjama`ah bersama Nabi. Apabila Nabi melakukan perjalanan, beliau turut pergi bersama Nabi. Beliau juga kerap menhadiri majelis-majelis Nabi. Akibat interaksi yang sedemikian itulah, beliau banyak mengingat dan mengambil pelajaran dari setiap perkataan dan perbuatan Nabi. Dalam pada itu, Nabi pun mengajari dan mendo`akan beliau.
Pernah satu hari Rasul memanggil `Abdullah bin `Abbas yang sedang merangkak-rangkak di atas tanah, menepuk-nepuk bahunya dan mendoakannya, “Ya Allah, jadikanlah Ia seorang yang mendapat pemahaman mendalam mengenai agama Islam dan berilah kefahaman kepadanya di dalam ilmu tafsir.”
Ibnu `Abbas juga bercerita, “Suatu ketika Nabi hendak ber-wudhu, maka aku bersegera menyediakan air untuknya. Beliau gembira dengan apa yang telah aku lakukan itu. Sewaktu hendak memulai shalat, beliau memberi isyarat supaya aku bendiri di sebelahnya. Namun, aku berdiri di belakang beliau. Setelah selesai shalat, beliau menoleh ke arahku lalu berkata, ‘Hai `Abdullah, apa yang menghalangi engkau dari berada di sebelahku?’ Aku berkata, ‘Ya Rasulullah, engkau terlalu mulia dan terlalu agung pada pandangan mataku ini untuk aku berdiri bersebelahan denganmu.’ Kemudian Nabi mengangkat tangannya ke langit lalu berdoa, ‘Ya Allah, karuniakanlah ia hikmah dan kebijaksanaan dan berikanlah perkembangan ilmu daripadanya.'”
Usia Ibnu `Abbas baru menginjak 15 atau 16 tahun ketika Nabi wafat. Setelah itu, pengejarannya terhadap ilmu tidaklah usai. Beliau berusaha menemui sahabat-sahabat yang telah lama mengenal Nabi demi mempelajari apa-apa yang telah Nabi ajarkan kepada mereka semua. Tentang hal ini, Ibnu `Abbas bercerita bagaimana beliau gigih mencari hadits yang belum diketahuinya kepada seorang sahabat penghafal hadits:
“Aku pergi menemuinya sewaktu dia tidur siang dan membentangkan jubahku di pintu rumahnya. Angin meniupkan debu ke atas mukaku sewaktu aku menunggunya bangun dan tidurnya. Sekiranya aku ingin, aku bisa saja mendapatkan izinnya untuk masuk dan tentu dia akan mengizinkannya. Tetapi aku lebih suka menunggunya supaya dia bangun dalam keadaan segar kembali. Setelah ia keluar dan mendapati diriku dalam keadaan itu, dia pun berkata. ‘Hai sepupu Rasulullah! Ada apa dengan engkau ini? Kalau engkau mengirimkan seseorang kemari, tentulah aku akan datang menemuimu.’ Aku berkata, “Akulah yang sepatutnya datang menemui engkau, karena ilmu itu dicari, bukan datang sendiri.’ Aku pun bertanya kepadanya mengenai hadits yang diketahuinya itu dan mendapatkan riwayat darinya.”
Dengan kesungguhannya mencari ilmu, baik di masa hidup Nabi maupun setelah Nabi wafat, Ibnu `Abbas memperolah kebijaksanaan yang melebihi usianya. Karena kedalaman pengetahuan dan kedewasaannya, `Umar bin Khaththab menyebutnya ‘pemuda yang tua (matang)’. Khalifah `Umar sering melibatkannya ke dalam pemecahan permasalahan-permasalahan penting negara, malah kerap mengedepankan pendapat Ibnu `Abbas ketimbang pendapat sahabat-sahabat senior lain. Argumennya yang cerdik dan cerdas, bijak, logis, lembut, serta mengarah pada perdamaian membuatnya andal dalam menyelesaikan perselisihan dan perdebatan. Beliau menggunakan debat hanya untuk mendapatkan dan mengetahui kebenaran, bukan untuk pamer kepintaran atau menjatuhkan lawan debat. Hatinya bersih dan jiwanya suci, bebas dari dendam, serta selalu mengharapkan kebaikan bagi setiap orang, baik yang dikenal maupun tidak.
`Umar juga pernah berkata, “Sebaik-baik tafsir Al-Qur’an ialah dari Ibnu `Abbas. Apabila umurku masih lanjut, aku akan selalu bergaul dengan `Abdullah bin `Abbas.” Sa`ad bin Abi Waqqas menerangkan, “Aku tidak pernah melihat seseorang yang lebih cepat dalam memahami sesuatu, yang lebih berilmu dan lebih bijaksana daripada Ibnu `Abbas.” Ibnu `Abbas tidak hanya dikenal karena pemikiran yang tajam dan ingatan yang kuat, tapi juga dikenal murah hati. Teman-temannya berujar, “Kami tidak pernah melihat sebuah rumah penuh dengan makanannya, minumannya, dan ilmunya yang melebihi rumah Ibnu `Abbas.” `Ubaidullah bin `Abdullah bin Utbah berkata, “Tak pernah aku melihat seseorang yang lebih mengerti tentang hadits Nabi serta keputusan-keputusan yang dibuat Abu Bakar, `Umar, dan `Utsman, daripada Ibnu `Abbas.”
Perawakan Ibnu `Abbas tinggi tapi tidak kurus, sikapnya tenang dan wajahnya berseri, kulitnya putih kekuningan dengan janggut diwarnai. Sifatnya terpuji, memiliki budi pekerti yang mulia, rendah hati, simpatik-empatik penuh kecintaan, ramah dan akrab, namun tegas dan tidak suka melakukan perbuatan sia-sia. Masruq berkata mengenainya, “Apabila engkau melihat `Abdullah bin `Abbas maka engkau akan mengatakan bahwa ia seorang manusia yang tampan. Apabila engkau berkata dengannya, niscaya engkau akan mengatakan bahwa ia adalah seorang yang paling fasih lidahnya. Jikalau engkau membicarakan ilmu dengannya, maka engkau akan mengatakan bahwa ia adalah lautan ilmu.”
Saat ditanya, “Bagaimana Anda mendapatkan ilmu ini?” Ibnu `Abbas menjawab, “Dengan lisan yang gemar bertanya dan akal yang suka berpikir.” Terkenal sebagai ‘`ulama umat ini’, Ibnu `Abbas membuka rumahnya sebagai majelis ilmu yang setiap hari penuh oleh orang-orang yang ingin menimba ilmu padanya. Hari-hari dijatah untuk membahas Al-Qur’an, fiqh, halal-haram, hukum waris, ilmu bahasa, syair, sejarah, dan lain-lain. Di sisi lain, Ibnu `Abbas adalah orang yang istiqomah dan rajin bertaubat. Beliau sering berpuasa dan menghidupkan malam dengan ibadah, serta mudah menangis ketika menghayati ayat-ayat Al-Qur’an.
Sebagaimana lazimnya kala itu, pejabat pemerintahan adalah orang-orang `alim. Ibnu `Abbas pun pernah menduduki posisi gubernur di Bashrah pada masa kekhalifahan `Ali. Penduduknya bertutur tentang sepak terjang beliau, “Ia mengambil tiga perkara dan meninggalkan tiga perkara. Apabila ia berbicara, ia mengambil hati pendengarnya; Apabila ia mendengarkan orang, ia mengambil telinganya (memperhatikan orang tersebut); Apabila ia memutuskan, ia mengambil yang termudah. Sebaliknya, ia menjauhi sifat mencari muka, menjauhi orang berbudi buruk, dan menjauhi setiap perbuatan dosa.”
`Abdullah bin Abbas meriwayatkan sekitar 1.660 hadits. Dia sahabat kelima yang paling banyak meriwayatkan hadist sesudah `Aisyah. Beliau juga aktif menyambut jihad di Perang Hunain, Tha`if, Fathu Makkah dan Haji Wada`. Selepas masa Rasul, Ia juga menyaksikan penaklukkan afrika bersama Ibnu Abu As-Sarah, Perang Jamal dan Perang Shiffin bersama `Ali bin Abi Thalib.
Pada akhir masa hidupnya, Ibnu `Abbas mengalami kebutaan. Beliau menetap di Tha`if hingga wafat pada tahun 68H di usia 71 tahun. Demikianlah, Ibnu `Abbas memiliki kekayaan besar berupa ilmu pengetahuan serta akhlaq `ulama.

                                                                 DAFTAR PUSTAKA
Mahalli, KH. Ahmad Mudjib, hadist hadist muttafaq alaih. Jakarta: pranada media. 2003
Ash Shiddieqy , TM Hasbi, Mutiara Hadist. Semarang: Pustaka Rizki Putra.2003

1 comment:

  1. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    ASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKAATUH....

    DENGAN HORMAT,
    PADA KESEMPATAN INI, MEWAKILI YAYASAN SOSIAL SAHABAT JAMBI (BERBADAN HUKUM), YANG SAYA KELOLA PADA SAAT INI, SAYA INGIN MENANYAKAN/BISA MENDAPATKAN INFORMASI, APAKAH SAYA BISA UNTUK MENGAJUKAN PERMOHONAN UNTUK BANTUAN DANA SEIKHLASNYA, KEPADA BAPAK/IBU SEMUANYA, UNTUK DAPAT MENDUKUNG UPAYA-UPAYA KAMI, DALAM RANGKA MENCEGAH & MENANGGULANGI PENYALAHGUNAAN NARKOBA/NAPZA SERTA KANKER & HIV&AIDS, DENGAN METODE KEGIATAN YANG BERBASIS RELIGI (ISLAM) DAN JUGA BERBASIS KOMUNITAS, KHUSUSNYA DI PROVINSI JAMBI DAN SEKITARNYA.

    HAL INI, DISEBABKAN,KARENA KAMI BENAR-BENAR SANGAT MEMBUTUHKAN ADANYA BANTUAN DANA, PADA SAAT INI,

    DANA TERSEBUT SEDIANYA, AKAN DIGUNAKAN UNTUK MEMBANGUN TEMPAT IBADAH (MUSOLLAH) DI TEMPAT REHABILITASI DAN UNTUK KEBERLANGSUNGAN KEGIATAN-KEGIATAN YAYASAN LAINNYA, UNTUK KEDEPAN.
    KAMI BENAR-BENAR MENGHARAPKAN, AKAN ADANYA RESPONS/TANGGAPAN POSITIF DARI SEMUANYA,TERKAIT DENGAN HAL INI.

    ATAS PERHATIAN DAN DUKUNGANNYA, DARI SEMUA, KAMI MENGUCAPKAN BANYAK-BANYAK TERIMA KASIH….
    BERSAMA-SAMA KITA SELAMATKAN GENERASI PENERUS BANGSA DARI PENYALAHGUNAAN NARKOBA/NAPZA DAN KANKER SERTA JUGA DARI HIV & AIDS.....

    HORMAT SAYA,

    HERU WIDARSA
    KETUA PEMBINA YAYASAN SAHABAT JAMBI

    REKENING BANK :

    BANK BRI
    NO.REK : 5634-01-028933-53-2
    A/N : HERU WIDARSA

    NOTE: KAMI JUGA SIAP & BERSEDIA, UNTUK MENYIAPKAN & MEMBERIKAN DOKUMEN-DOKUMEN BERSIFAT ADMINISTRATIF LAINNYA (APABILA DIANGGAP DIPERLUKAN).

    ReplyDelete