Saturday, April 2, 2016

RESUME MOBILITAS SOSIAL URAIAN DISKRIPSI



RESUME MOBILITAS SOSIAL
URAIAN DISKRIPSI
Bapak Samuji berumur 40 tahun, tinggal di Desa Sumberejo Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Beliau mempunyai anak satu yang sekarang sekolah di Al-Mawadah. Sekarang Beliau seorang peternak dan petani sukses. Beliau mempunyai 400 ekor bebek dan mempunyai 1 hektar kebut sawit di daerah Jambi.

Dulu bapak Samuji adalah anak seorang petani biasa, dari keluarga yang biasa. Dengan kerja keras beliau, mampu sekolah sampai STM. Dan pemuda pada masanya dulu sangat susah mencari pekerjaan.
Dulu kerja hanya srabutan, kadang kesawah, jadi tukang bangunan, dan pekerjaan yang lain yang menghasilkan uang, apa pun itu. Tapi dipikir-pikir pekerjaan itu tidak mampu membuat hidupnya semakin maju.

Akhirnya pada tahun 1992 beliau mendaftar sebagai TKI ke Korea, dulu mendafatr TKI di Korea sangat susah, mengikuti tes berkali-kali. tapi dengan kegigihannya beliau berhasil lulus dan berangkat bekerja di Korea di pabrik tekstil.

Beliau bekerja disana bertahun-tahun, kontrak habis perpanjang lagi dan seterusnya. Sampai 5 tahun disana beliau pulang untuk menikah, setelah menikah dan istrinya hamil berangkat lagi ke Korea. Jadi waktu anaknya lahir beliau tidak ada dirumah. Masih ada di Korea.

Beliau memperpanjang kontrak lagi dan pindah dipabrik pulpen. Sampai saat ini beliau pulang dan tidak ke Korea lagi kare usia yang sudah tidak diperbolehkan untuk bekerja lagi disana.

Akan tetapi selama bertahun-tahun di Korea membuahkan hasil yang luar biasa. Dengan semangatnya beliau mampu membeli 1 hektar kebun sawit di Jambi, beternak bebek 400 ekor, membeli mobil, memperbaiki rumah, dan mempunyai banyak sawah juga didesanya.

Keberhasilan beliau sampai saat ini bisa sukses, dan mampu menerima uang setiap bulan dari kebun dan ternaknya karena semangat, kerja keras, kegigihan untuk merubah kehidupannya yang dulu tidak punya apa-apa sekarang bisa sukses.

ANALISIS
Mobilitas sosial adalah perubahan, pergeseran, peningkatan ataupun penurunan status dan peran anggotanya. Menurut Paul B. Horton mobilitas sosial adalah suatu gerak perpindahan dari satu kelas sosial ke kelas sosial lainnya atau gerak pindah dari strata yang satu kestata yang lainnya.
Jenis-jenis mobilitas sosial adalah
Mobilitas sosial dibagi menjadi beberapa bentuk yaitu mobilitas vertikal, horizontal, dan antar generasi. Mobilitas vertikal merupakan pepindahan status sosial yang dialami seseorang atau sekelompok warga pada lapisan sosial yang berbeda. sedangkan mobilitas horizontal adalah perpindahan status sosial seseorang atau sekelompok orang dalam satu lapisan. Adapun mobilitas sosial verikal ada 2 yaitu:
1.      Mobilitas sosial vertikal naik
2.      Mobilitas sosial vertikal ke bawah
Dalam kasus diatas bapak Samuji dari seorang anak petani biasa menjadi petani peternak sukses merupakan jenis mobilitas sosial vertikal naik. Karena kehidupan ekonominya meningkat dari yang tidak mampu sekarang menjadi orang kaya.

0 comments:

Post a Comment